Apa itu Tracing? Sudah bukan sebuah rahasia lagi bahwa seni tracing sudah menjadi bagian dari kehidupan para desainer grafis pada saat ini. Sebab dengan menggunakan teknik ini, puluhan bahkan ratusan karya eksotis dan menakjubkan sudah dihasilkan. Namun sebenarnya, apa sih tracing itu? Tracing berasal dari kata Trace yang berarti menelusuri/penelusuran. Dalam bidang desain grafis, tracing adalah sebuah proses menggambar ulang suatu ilustrasi atau obyek dengan acuan atau aturan tertentu menggunakan tool-tool sesuai dengan software desain grafis yang sedang digunakan. Teknik Tracing yang umum dipakai adalah tracing secara manual (konvensional) dan tracing digital (dengan bantuan komputer). Pokok permasalahan disini adalah seni tracing digital yaitu menggunakan bantuan sebuah komputer atau laptop dengan bantuan software aplikasi berbasis vektor, misalnya CorelDRAW (bisa menggunakan versi berapapun). Dalam hal inilah, bukan saatnya jika berbicara bahwa tracing dia...
![Hasil gambar untuk fungsi kemasan](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9B9ow4TpwLpUe1fj8VJa55iwNJ97_ra7PBHjPEDpdwrtel7XiQEm9qtfz3Vri8KBg8EsvWntifLf6IqA7HN2O2yqDEuBhb3ve_DGROx0ETPq_WaMLETyykskatLtoVWQ498pRYXA7KkA/s640/fungsi-kemasan-produk.jpg)
Banyak perusahaan yang sangat memperhatikan pembungkus
suatu barang sebab mereka menganggap bahwa fungsi kemasan tidak hanya sebagai
pembungkus, tetapi jauh lebih luas dari pada itu. Simamora (2007) mengemukakan
pengemasan mempunyai dua fungsi yaitu:
1. Fungsi Protektif
Berkenaan dengan proteksi produk,
perbedaan iklim, prasarana transportasi, dan saluran distribusi yang semua
berimbas pada pengemasan. Dengan pengemasan protektif, para konsumen tidak
perlu harus menanggung risiko pembelian produk rusak atau cacat.
2. Fungsi
Promosional
Peran kemasan pada umumnya dibatasi
pada perlindungan produk. Namun kemasan juga digunakan sebagai sarana
promosional. Menyangkut promosi, perusahaan mempertimbangkan preferensi
konsumen menyangkut warna, ukuran, dan penampilan.
Sedangkan menurut Kotler (1999:228), terdapat empat
fungsi kemasan sebagai satu alat pemasaran, yaitu :
1.
Self service. Kemasan semakin berfungsi lebih banyak
lagi dalam proses penjualan, dimana kemasan harus menarik, menyebutkan
ciri-ciri produk, meyakinkan konsumen dan memberi kesan menyeluruh yang
mendukung produk.
2.
Consumer offluence. Konsumen bersedia membayar lebih mahal
bagi kemudahan, penampilan, ketergantungan dan prestise dari kemasan yang lebih
baik.
3.
Company and brand image. Perusahaan mengenal
baik kekuatan yang dikandung dari kemasan yang dirancang dengan cermat dalam
mempercepat konsumen mengenali perusahaan atau merek produk.
4.
Inovational opportunity. Cara kemasan yang
inovatif akan bermanfaat bagi konsumen dan juga memberi keuntungan bagi
produsen.
Selain berfungsi sebagai media
pemasaran, kemasan juga memiliki beberapa fungsi lain, yaitu sebagai berikut:
1.
Kemasan melindungi produk dalam pergerakan. Salah satu fungsi dasar kemasan
adalah untuk mengurangi terjadinya kehancuran, busuk, atau kehilangan melalui
pencurian atau kesalahan penempatan.
2.
Kemasan memberikan cara yang menarik untuk menarik perhatian kepada sebuah
produk dan memperkuat citra produk.
3.
Kombinasi dari keduanya, marketing dan Logistik dimana kemasan menjual
produk dengan menarik perhatian dan mengkomunikasikannya.
DAFTAR PUSTAKA
- Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
- Louw, A. & Kimber, M. 2007. The Power of Packaging, The Customer Equity Company.
![Hasil gambar untuk fungsi kemasan](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9B9ow4TpwLpUe1fj8VJa55iwNJ97_ra7PBHjPEDpdwrtel7XiQEm9qtfz3Vri8KBg8EsvWntifLf6IqA7HN2O2yqDEuBhb3ve_DGROx0ETPq_WaMLETyykskatLtoVWQ498pRYXA7KkA/s640/fungsi-kemasan-produk.jpg)
Banyak perusahaan yang sangat memperhatikan pembungkus suatu barang sebab mereka menganggap bahwa fungsi kemasan tidak hanya sebagai pembungkus, tetapi jauh lebih luas dari pada itu. Simamora (2007) mengemukakan pengemasan mempunyai dua fungsi yaitu:
DAFTAR PUSTAKA
- Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
- Louw, A. & Kimber, M. 2007. The Power of Packaging, The Customer Equity Company.
Komentar
Posting Komentar